Resep Kue Apem Kukus yang Empuk

Bahan-bahan:




- 250 gram tepung beras

- 50 gram tepung terigu

- 200 ml air hangat

- 200 ml air kelapa

- 200 gram gula pasir

- 1/2 sendok teh ragi instan

- 1/4 sendok teh garam

- Pewarna makanan secukupnya (jika diinginkan)

- Daun pisang secukupnya untuk membungkus



Cara membuat:




1. Campurkan tepung beras, tepung terigu, ragi instan, dan garam dalam sebuah wadah.

2. Tambahkan air hangat dan air kelapa sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata dan tidak ada yang menggumpal.

3. Tambahkan gula pasir dan pewarna makanan (jika diinginkan) ke dalam adonan. Aduk rata.

4. Tutup adonan dengan kain bersih dan biarkan selama 1-2 jam hingga mengembang.

5. Siapkan panci pengukus. Letakkan daun pisang pada loyang agar kue tidak lengket. Olesi daun pisang dengan minyak goreng.

6. Setelah adonan mengembang, aduk lagi hingga adonan tercampur rata dan turunkan ke dalam loyang yang sudah diberi daun pisang tadi.

7. Kukus selama 15-20 menit dengan api sedang atau hingga matang.

8. Angkat dan biarkan dingin.

9. Setelah dingin, kue apem kukus siap disajikan.



Informasi Gizi:




- Kalori: 135 kkal

- Lemak: 0,7 g

- Protein: 2,3 g

- Karbohidrat: 31,3 g

- Serat: 0,8 g

- Gula: 13,6 g

- Natrium: 50 mg



Kue apem kukus yang empuk adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang terbuat dari beras ketan yang difermentasi. Kue ini biasanya disajikan sebagai makanan ringan atau camilan pada saat santai bersama keluarga atau teman. Kue apem kukus yang empuk memiliki tekstur lembut dan aroma yang khas. Berikut adalah resep untuk membuat kue apem kukus yang empuk.



Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue apem kukus yang empuk biasanya dapat dengan mudah ditemukan di pasar tradisional atau supermarket terdekat. Pastikan untuk memilih beras ketan yang berkualitas untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu, gunakan ragi instan yang berkualitas untuk mempercepat proses fermentasi adonan.



Cara membuat kue apem kukus yang empuk sangat mudah dan sederhana. Pertama-tama, campurkan tepung beras, tepung terigu, ragi instan, dan garam dalam sebuah wadah. Kemudian, tambahkan air hangat dan air kelapa sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata dan tidak ada yang menggumpal. Setelah itu, tambahkan gula pasir dan pewarna makanan (jika diinginkan) ke dalam adonan. Aduk rata dan tutup adonan dengan kain bersih. Biarkan selama 1-2 jam hingga adonan mengembang.



Setelah adonan mengembang, aduk lagi hingga adonan tercampur rata dan turunkan ke dalam loyang yang sudah diberi daun pisang tadi. Kukus selama 15-20 menit dengan api sedang atau hingga matang. Setelah matang, angkat dan biarkan dingin. Setelah dingin, kue apem kukus siap disajikan.



Kue apem kukus yang empuk memiliki nilai gizi yang cukup baik. Kue ini mengandung karbohidrat yang tinggi dan cukup rendah lemak. Namun, kue apem kukus juga mengandung cukup banyak gula pasir yang harus dikonsumsi dengan bijak.



Itulah resep untuk membuat kue apem kukus yang empuk. Kue ini sangat cocok disajikan sebagai makanan ringan atau camilan pada saat santai bersama keluarga atau teman. Selamat mencoba dan semoga berhasil!


close